Beranda | Artikel
Sebab-Sebab Yang Membantu Mengerjakan Shalat Tahajud - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 23 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Sebab-Sebab Yang Membantu Mengerjakan Shalat Tahajud adalah ceramah agama Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Kajian ini disampaikan pada 24 Rajab 1439 H / 10 April 2018 M.

Ceramah agama tentang Sebab-Sebab Yang Membantu Mengerjakan Shalat Tahajud – Panduan Amal Sehari Semalam

Pada kajian sebelumnya telah kita bahas tentang keutamaan dan keagungan shalat malam. Shalat malam ini juga merupakan satu amalan yang akan menghapus kesalahan dan dosa kita. Oleh karena itu hendaknya kita berusaha dan berupaya sekuat mungkin untuk dapat mengerjakannya. Meskipun ini bukan shalat yang wajib, namun keutamaannya sangat besar. Adapun sebab-sebab yang dapat membantu kita untuk mengerjakan shalat malam adalah:

Pertama, hendaknya kita mengetahui keutamaan shalat malam dan juga kedudukannya disisi Allah subhanahu wa ta’ala. Dengan mengetahui keutamaan-keutamaannya, itu akan membantu kita dan memberikan semangat untuk mau mengerjakannya.

Kedua, mengetahui tipu daya setan yang berusaha keras untuk menghalangi kita dari shalat malam. Juga mengetahui ancaman atas orang-orang yang meninggalkan shalat ini setelah mereka rutin mengerjakannya. Berdasarkan hadits Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, diceritakan di sisi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa seorang laki-laki yang tidur dimalam hari hingga subuh. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ذَاكَ رَجُلٌ بَالَ الشَّيْطَانُ فِى أُذُنَيْهِ

Laki-laki itu telah dikencingi oleh setan pada kedua telinganya” (Muttafaqun ‘alaih)

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776)

Orang-orang yang membiarkan ikatan-ikatan ini terus berada di kepalanya, dia akan bangun dipagi hari dalam keadaan jiwa yang buruk, selalu ada fikiran yang negatif, tidak ada gairah beramal shalih dan malas dari hal-hal yang baik. Itulah jika seseorang mengikuti nafsunya untuk tidur.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Sebab-Sebab Yang Membantu Mengerjakan Shalat Tahajud – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30916-sebab-sebab-yang-membantu-mengerjakan-shalat-tahajud-panduan-amal-sehari-semalam-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-m/